MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90
Berita  

Baskami Terima Aduan Organisasi Lansia Terkait Pelaksanaan Perpres Kelanjutusiaan Di Sumut

banner 468x60

SUMUT , kasatnews – Ketua DPRD Sumatera Utara menerima kunjungan ibu-ibu yang tergabung dalam Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPU) Sumatera Utara di ruang kerjanya, Selasa (4/1/2021).

Kunjungan tersebut, guna membahas pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan.

banner 336x280

Diketahui, Perpres tersebut ditandatangani Presiden Jokowi pada 14 September 2021.

Baskami mengatakan apresiasinya terhadap para ibu-ibu yang meluangkan waktunya berkunjung ke DPRD Sumut demi menyampaikan aspirasi.

“Saya sangat senang menerima ibu-ibu sekalian yang merupakan orangtua kita semua. Apalagi kita akan membahas mengenai kelanjutan pelaksanaan Perpres tersebut di Sumatera Utara,” katanya.

Dikatakannya, para warga yang telah lanjut usia harus terus diperhatikan pemerintah.

“Kemarin saya baru merayakan ulang tahun bersama-sama para orangtua yang tinggal di Pusat Pelayanan Orangtua di Sibolangit,” ungkapnya.

Baskami menjelaskan tujuan perpres tersebut dalam rangka mewujudkan lanjut usia yang mandiri, sejahtera dan bermartabat.

“Sehingga saya kira, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota perlu menaruh perhatian terhadap hal ini. Bagaimanapun, para sepuh (orangtua) kita harus diperhatikan baik melalui kebijakan maupun program,” jelasnya.

Baskami juga menjelaskan, perlu ada perlindungan sosial, peningkatan kualitas kesehatan, serta perlindungan dan pemenuhan hak- hak para lansia.

Ia juga mendukung, penguatan lembaga-lembaga pelaksana program kelanjut-usiaan.

“Bagaimanapun perlu dikuatkan lembaga-lembaga ini dan didukung, seperti pusat-pusat pelayanan orangtua yang ada di Sumatera Utara,” ujarnya.

Politisi senior PDI Perjuangan itu menuturkan , dalam Perpres 88/2021 terkait pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program kelanjutusiaan dilakukan oleh kementerian lembaga, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota.

“Sehingga kita memiliki tanggung jawab terkait pelaksanaan serta evaluasi perpres itu,” jelasnya.

Sementara itu Ketua LPPU Sumut, Halimah Hutagalung mengapresiasi keberpihakan Baskami Ginting.

Menurutnya, di Sumatera Utara jaminan akan hak-hak lanjut usia perlu tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kami berterimakasih atas penerimaan yang sangat baik oleh Ketua DPRD Sumut. Kami berharap kiranya Perpres ini dapat diteruskan oleh Pemerintah Provinsi sehingga jaminan hak-hak para lansia dapat terpenuhi,” imbuhnya.

banner 336x280
banner 728x90