MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90

KASAD JENDERAL TNI DUDUNG ABDURACHMAN BERI KULIAH UMUM MAHASISWA UNSRI

banner 468x60

Palembang, (Pendam II/Sriwijaya). Kasatnews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan “Kuliah Umum Ketahanan Nasional” kepada Mahasiswa Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (7/3/2022).

Dalam kegiatan yang mengusung tema, “Penguatan Karakter Bangsa Dalam Implementasi Kampus Merdeka”, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman didampingi langsung oleh Rektor UNSRI Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MCCE., IPU., ASEAN-Eng.

banner 336x280

Tampak duduk dibarisan depan, Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya, Koorsahli Kasad, Aspers Kasad, Pangdam II/Swj, Kadispenad, Danrem 044/Gapo, para Wakil Rektor.

Hadir juga, para Dekan, para UPT, Direktur BPU, Ketua Program Paska Sarjana, Ketua LP3M, Ketua LP2M, BPHM, BAK, BUK dan puluhan Mahasiswa/Mahasiswi UNSRI Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan bahwa, para pendiri bangsa mempunyai semangat dalam menyusun dasar negara, yakni munculnya kerelaan untuk lebih mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan kelompok karena mendirikan negara bukan untuk satu orang atau satu golongan tetapi buat semua.

“Bangsa ini milik bersama dan bukan hanya untuk kelompok tertentu”, kata Kasad di hadapan puluhan Mahasiswa dan Mahasiswi UNSRI Palembang, Senin (7/3/2022) di Gedung Fakultas Hukum Tower Lantai – VIII UNSRI, Bukit Kecil Palembang.

Selanjutnya, ancaman yang dihadapi saat ini lebih kompleks karena menyangkut dengan persatuan dan keutuhan bangsa. Mengutip apa yang disampaikan presiden RI Ir. Soekarno, perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri.

Secara alami, sambung Kasad, bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut menjadi karakter bangsa Indonesia yang digunakan pada saat bangsa menghadapi musuh bersama. Karakter bangsa Indonesia itu antara lain menghormati perbedaan, mendahulukan kepentingan umum, rela berkorban, pantang menyerah, gotong royong, optimisme dan nasionalisme.

Untuk itu, Kasad berpesan kepada mahasiswa bahwa, pada akhirnya semua manusia itu ingin hidupnya dikenang menjadi seseorang dengan empat kondisi, yakni baik, kaya, pintar dan berkuasa.

Dalam ceramahnya juga, selain memberi materi tentang Ketahanan Nasional, Kasad juga memberi gambaran karakter pemimpin yang baik pada mahasiswa.

“Orang yang bahagia belum tentu bermurah hati, tetapi saya belum melihat orang bermurah hati yang tidak bahagia”. Pasti dia bahagia. (Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M).

Usai memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNSRI Palembang, Kasad bersama rombongan langsung bertolak menuju Balai Prajurit Kodam II/Swj Jln. Sekanak Palembang dalam rangka meninjau secara langsung kegiatan Vaksinasi Massal TNI AD yang digelar Kodam II/Swj berkerjasama dengan Kimia Farma.(red)

banner 336x280
banner 728x90