MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90

Cegah Desa Disusupi Paham Radikal, Kodim 0204/DS Resmikan Kampung Pancasila di Bangun Purba

Cegah Desa Disusupi Paham Radikal, Kodim 0204/DS Resmikan Kampung Pancasila di Bangun Purba
banner 468x60

Kasatnews.com, Bangun Purba | Kodim 0204/Deliserdang meresmikan Kampung Pancasila di Desa Bangun Purba Tengah, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, Kamis (10/3/2022).

Peresmian Kampung Pancasila secara perdana di wilayah teritorial Kodim 0204/DS ini diawali dengan pengguntingan pita oleh Dandim, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti dan peninjauan demplot ketahanan pangan tanaman obat yang dikelola warga secara swadaya.

banner 336x280

Dandim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara menjelaskan, pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman.

“Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain tak bukan untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, khususnya di Kecamatan Bangun Purba ini,” jelas Dandim.

Masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan, baik dari sisi suku, adat dan agama, dinilai Dandim sangat penting untuk dijaga persatuan dan kesatuannya dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal, dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan.

Pembentukan Kampung Pancasila di Kecamatan Bangun Purba ini sendiri, diakui Dandim akan menjadi role model atau pilot projek bagi seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Deliserdang.

Bahkan, kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di wilayah Provinsi Sumatera Utara, juga dilakukan secara serentak oleh seluruh satuan jajaran Kodam I/BB, salah satunya Kodim 0204/DS.

“Dengan kegiatan pencanangan serentak seperti ini, diharapkan akan bisa dibudayakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di seluruh desa di wilayah Nusantara,” ungkap Dandim.

Dandim mengucapkan terima kasih dan bangga dengan antusiasme warga yang begitu tinggi dalam menyambut pencanangan Kampung Pancasila ini.

“Warga sangat menyambut positif pencanangan Kampung Pancasila di wilayahnya, dan ini menjadikan kita (Kodim 0204/DS) sebagai motor semakin semangat dalam menyelaraskan dengan semua program pembangunan yang dilakukan pemerintah,” ungkap Dandim.

Hal senada disampaikan Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto, SSTP. Diakuinya, pencanangan Kampung Pancasila di Desa Bangun Purba Tengah ini sangat berpeluang untuk menular ke desa-desa lain di sekitar, sehingga pencegahan paham radikalisme dan intoleransi yang diharapkan bisa terwujud.

Begitu juga tanggapan dari tokoh masyarakat setempat, Julitus Purba. Ia merasa nyaman dengan hadirnya Kampung Pancasila ini yang akan memberi nilai tambah terhadap pendidikan anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

Bahkan Manager Kebun Adolina, Ihsan, SP, menilai, pembentukan Kampung Pancasila ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap rasa dan jiwa nasionalisme, bela negara serta cinta tanah air generasi muda di tengah serbuan informasi di era digital saat ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kodim 0204/DS dan TNI AD khususnya atas kepercayaan membentuk Kampung Pancasila di Desa Bangun Purba Tengah ini,” pungkasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, dan dihadiri Danramil 19/BP, Kapten Kav Sudirno, Sekretaris Kesbangpol Pemkab DS, Surya Bangun Muda Harahap, Kades Bangun Purba Tengah, Heri Suwardi, dan tamu undangan lainnya.(Koramil 08/PC/AR69)

Penerangan: Kodim 0204/DS.

banner 336x280
banner 728x90