MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90

Dandim 0209/LB Resmikan Kampung Pancasila : “Pilot Projection Bagi Lingkungan/Dusun di Labuhanbatu Raya”

banner 468x60

LABUHANBATU, Kasatnews.com – Peresmian kampung Pancasila secara serentak dilaksanakan di Jajaran Korem 022/Pantai Timur, Kodim 0209/Labuhanbatu sendiri prosesinya diadakan di lingkungan Cut Mutia kelurahan Siringoringo kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu, Kamis (10/03/2022)

Merupakan Instruksi secara berjenjang mulai dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai pencetus ide, berlanjut di jajaran Kodam I/BB yang peresmiannya berlangsung secara serentak dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik itu pemerintah daerah, Forkopimda dan unsur mahasiswa serta para tomas, toga, todat dan toga. Wilayah teritorial Kodam I/BB mengambil tema, “Bukit Barisan Benteng Pancasila”.

banner 336x280

Dalam sambutannya Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han), mengatakan, “Kampung Pancasila dilingkungan Cut Mutia Siringoringo ini merupakan pilot projection atau contoh, lingkungan/dusun diwilayah teritorial Kodim 0209/LB, diharapkan mampu menjadi pelopor kemajemukan warganya yang berdomisili dilingkungan tersebut, berawal dari kehidupan bertetangga, maka perbedaan suku, etnis, agama, dan golongan terjalin harmonis”, jelasnya

Orang perorang dapat melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, menciptakan kerukunan terhadap umat beragama, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, juga mendorong masyarakat untuk saling menghormati serta menghargai sesama dengan tetap mendukung kehidupan ditengah-tengah masyarakat yang rukun, santun dan berbudaya, ujar Dandim

Dalam peresmian kampung Pancasila di lingkungan Cut Mutia, Dandim 0209/LB beserta jajarannya juga melaksanakan prosesi pemotongan pita dan penandatanganan prasasti sebagai simbol pembukaan Kampung Pancasila di lokasi tersebut.

Pembentukan taman baca, apotek hidup dan pengaktifan kembali pos kamling menjadi kegiatan tambahan sebagai sarana edukasi pengamalan Pancasila bagi siswa/siswi SMP PPR yang berada di lingkungan Cut Mutia juga warga setempat dalam merajut keharmonisan dalam perbedaan etnis, agama dan golongan.

Acara peresmian kampung Pancasila sendiri menjadi sarana berbagi Dandim 0209/LB dengan 30 orang anak yatim dan 50 orang kaum dhuafa berupa santunan tali asih serta pembagian sembako.

Tampak hadir diacara tersebut Dandim 0209/LB didampingi Ibu Ketua Persit KCK Cab XXXVI Ny. Vitha Asrul K. Harahap, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd. MM, Kajari Labuhanbatu Jefri Penangin Makapedua, SH, MH, Wakapolres Labuhanbatu Drs Hermansyah, Kakankemenag Syafirudin Harahap, para perwira Kodim 0209/LB, perwira Polres Labuhanbatu dan tokoh etnis tionghoa saudara Acun, serta para tokoh lingkungan setempat.

“BERSAMA KITA BISA BERBUAT YANG TERBAIK”

Pendim 0209/Labuhanbatu.

banner 336x280
banner 728x90