MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90

Dandim 0303/Bengkalis Resmikan Kampung Pancasila.

banner 468x60

Bengkalis, Kasatnews,com – Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H bersama Forkopimda resmikan Kampung Pancasila yang dipusatkan di Kelurahan Bengkalis Kota, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Jumat, 11 Maret 2022.

Dalam kesempatan ini Bupati Bengkalis Kasmarni yang diwakili Kaban Kesbangpol H. Hermanto Baran menyampaikan, bahwa pemerintah kabupaten Bengkalis tentunya menyambut baik dan siap mendukung keberadaan kampung Pancasila.

banner 336x280

Karena keberadaan kampung Pancasila sangat bernilai strategis dalam upaya memanfaatkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multikultur multi etnik dan multi agama.

“Kita memang penuh perbedaan, karena perbedaan itu penting, akan tetapi bukan berarti dengan perbedaan itu kita akan menyebabkan berpecah-belah, tetapi justru perbedaan ini harus kita jaga dan kita rawat sesuai dengan peran dan fungsinya kita masing-masing dalam menciptakan masyarakat yang rukun santun damai dalam bingkai bhinneka tunggal Ika,”ungkap Kaban Kesbangpol H. Hermanto Baran.

Perlu kami sampaikan, ungkap Hermanto bahwa pada tahun 2019 kelurahan kota Bengkalis juga telah ditetapkan sebagai kelurahan sadar kerukunan artinya bahwa Bengkalis merupakan model dalam membangun kerukunan, meskipun masyarakatnya terdiri dari beraneka ragam budaya suku ras dan agama.

“Hari ini, kita telah ditunjuk serta telah dicanangkan sebagai kampung Pancasila di kabupaten Bengkalis dan memang sudah sepantasnya kelurahan Bengkalis kota dijadikan kampung Pancasila karena kelurahan Bengkalis kota merupakan perubahan yang sangat majemuk terdiri dari berbagai macam agama suku dan profesi akan tetapi kehidupan masyarakatnya sangat rukun dan damai artinya kelurahan Bengkalis kota benar-benar bisa menjadikan Pancasila sebagai lambang dasar negara Indonesia,”ungkapnya lagi.

“Bangsa Indonesia kepribadian bangsa Indonesia yang harus kita rawat dan kita pelihara dengan sebaik-baiknya karena warga didalamnya dapat memaknai arti Pancasila dalam bhinneka tunggal Ika kelurahan Bengkalis kota. Pencanangan sebagai kampung Pancasila merupakan miniatur bangsa Indonesia saat ini dan semoga dapat menjadi contoh bagi kelurahan dan desa lainnya,”sambungnya.

Diutarakannya, kabupaten Bengkalis potensi kemajemukan tersebut selama ini telah dapat dijaga seluruh lapisan masyarakat dengan hidup saling berdampingan rukun damai, tanpa adanya gejala serta benturan tentunya potensi. Ini perlu kita pertahankan kita bahkan harus di tingkatkan lagi dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, nilai persatuan dan kesatuan. Persaudaraan, hubungan kebangsaan serta kesadaran atas dasar kemanusiaan berlandaskan Pancasila undang-undang dasar 1945.

Sementara itu, Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H dalam sambutannya menyampaikan, bahwa latar belakang dibentuknya kampung panca sila adalah, menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

“Sebagai contoh nilai luhur pancasila dalam kehidupan sehari- hari di masyarakat. Sikap toleransi antar umat beragama. Mendorong masyarakat untuk saling menghormati serta saling menghargai sesama. Mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya,”ujar Dandim Letkol Inf Endik Yunia H.(red)

banner 336x280
banner 728x90