MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90
Berita  

Baskami Desak Pemda Prioritaskan Penyediaan Pupuk Subsidi Bagi Petani Kecil

banner 468x60

Medan, kasatnews||Pupuk subsidi acapkali menjadi persoalan bagi para petani di sejumlah daerah, di Sumatera Utara. Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, mengungkapkan, keterbatasan stok jumlah pupuk subsidi, mengharuskan pemerintah tepat dalam proses distribusinya.

Menurut Baskami, terbatasnya jumlah pupuk subsidi harus segera dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait terutama pemerintah daerah.

banner 336x280

Baginya, pemerintah harus memprioritaskan petani kecil yang memiliki margin keuntungan kecil karena terbatasnya lahan dan modal yang dimiliki.

“Petani-petani kecil yang disebutkan Marhaen oleh Bung Karno itu, petani gurem dengan lahan di bawah setengah hektar harus yang duluan mendapatkan pupuk subsidi ini,” ujarnya, Selasa (22/3/2022).

Selain itu, Baskami mengingatkan, agar aparat menindai tegas oknum yang bermain dalam pupuk subsidi, sehingga membuat hak masyarakat khsusnya petani kecil terkendala.

“Karena distribusi pupuk subsidi ini sudah ditentukan, jangan sampai ada yang bermain-main dalam penyalurannya,” katanya.

Baskami menjelaskan, pihaknya kerap mendengarkan keluhan dari para petani, terkait pupuk subsidi yang sulit di cari pada masa tanam.

“Kalaupun ada pupuk non subsidi, harganya mahal sekali, sehinggi menambah biaya. Petani kita menjerit,” jelasnya.

Baskami mendorong pihak terkait, agar menyalurkan pupuk tepat sasaran.

“Saya kira perlu dicek ke lapangan, data yang ada di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) sebagai penerima pupuk subsidi harus sinkron dengan yang ada di lapangan,” jelasnya.

banner 336x280
banner 728x90