MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90

Program TMMD ke -113 Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

banner 468x60

JAKARTA, Kasatnews – Menjelang dilaksanakannya kembali TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Tahun Anggaran (TA) 2022 bertema “Dedikasi Terbaik Membangun Negeri” yang dilaksanakan secara serentak di 50 kabupaten/kota, 55 kecamatan, dan 73 desa, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) yang dilaksanakan di Mabesad Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Rakornis TMMD, merupakan bagian untuk memantapkan koordinasi dan menyelaraskan langkah dalam percepatan pembangunan di daerah, dibuka oleh Waaster Kasad Bidang Perencanaan Brigjen TNI Mateus Jangkung, S.I.P.,M.Tr (Han) mewakili Aster Kasad. Tema yang diusung pada Rakornis TMMD tahun ini yaitu “Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” yang bermakna pengabdian secara terintegrasi dalam mewujudkan pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat.

banner 336x280

Dalam sambutan Aster Kasad yang dibacakan Waaster Kasad Bidang Perencanaan mengatakan, program TMMD merupakan salah satu program operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Kementerian lembaga pemerintah non kementerian, pemerintahan daerah dan komponen masyarakat lainnya yang disinergikan dan diintegrasikan untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

“Pelaksanaannya dilakukan secara gotong royong dan bahu membahu antara TNI, Polri, pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakat dengan mendayagunakan lembaga kemasyarakatan Desa, “ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan fisik dan non fisik dalam TMMD tidak hanya semata membangun, tetapi sebagai sarana untuk membangun semangat dan menggelorakan kembali budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat.

“Dengan semangat gotong royong diharapkan masyarakat mampu mengelola potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga maupun masyarakat di wilayah, “ungkapnya.

Rencananya TMMD ke-113 TA 2022 akan dilaksanakan selama satu bulan dimulai tanggal 11 Mei sampai 9 Juni 2022 secara serentak, dengan sasaran fisik dan non fisik. Adapun sistem perencanaannya bottom up planning (Perencanaan dari bawah ke atas). Ini ditujukan untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, sebagai wahana sosialisasi pelaksanaan program TMMD kepada masyarakat sekaligus sebagai bagian dari pemenuhan informasi publik pada program TMMD akan dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-113 TA 2022, bagi para Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam dan Kapenrem), serta wartawan media elektronik, cetak dan online.

Kegiatan Rakornis TMMD ke-113 dilaksanakan melalui Vidcon Zoom diikuti oleh pejabat Staf Teritorial Angkatan Darat, Kemendagri, Kemenkes dan para Danrem dan Dandim yang wilayahnya menerima program TMMD. (Dispenad)

banner 336x280
banner 728x90