MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90
Berita  

Sambutan Rapat Paripurna Baskami Beberkan Kenaikan Angka Kemiskinan Sumut

banner 468x60

Medan, kasatnews||Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting membuka rapat paripurna peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Sumatera Utara tahun 2022.

Pada rapat tersebut, Baskami membeberkan kenaikan angka kemiskinan di Sumatera Utara yang naik signifikan sejak 2021.

banner 336x280

“Sesuai hasil rilis BPS Provinsi Sumut, pada maret 2021 jumlah penduduk miskin menjadi 1,34) juta jiwa. Kondisi ini semakin di perparah dengan capaian pertumbuhan ekonomi yang hanya sebesar 2,61 persen pada tahun 2021,”katanya, Kamis (14/4/2022).

Baskami mengajak para stakeholder untuk bergandengan tangan, saling bekerjasama dan saling mengisi ruang-ruang kosong untuk mencari solusi cerdas.

Solusi yang, kata Baskami, dapat diaplikasikan untuk pembangunan dan kebangkitan provinsi sumatera utara menjadi provinsi yang maju, aman dan bermartabat.

“Memang tidak bisa kita pungkiri, dengan luas wilayah dan cakupan hubungan antar pemerintahan dan jumlah penduduk yang dimiliki, pengelolaan pemerintahan di provinsi sumatera utara memiliki tantangan tersendiri,” katanya.

Namun di luar itu, lanjut Baskami, Sumut memiliki begitu banyak potensi yang dapat dikembangkan.

Pembangunan yang ingin dicapai, kata Baskami, bukanlah pembangunan yang semata mengandalkan APBD, bukan juga model pembangunan yang hanya mengharapkan hadirnya investor.

“Melainkan pembangunan yang dapat dikolaborasikan antara pemerintah daerah melalui APBD, investor dan BUMD yang masing-masing sumber pendanaan tersebut dapat difokuskan kepada sektor-sektor yang mayoritas padat karya sehingga dapat menggerakkan roda ekonomi,”jelasnya.

Baskami menjelaskan pembangunan Sumut harus yang ramah lingkungan.

Pembangunan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan.

“Sehingga pembangunan tersebut benar-benar pembangunan yang diinginkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

banner 336x280
banner 728x90