MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90

Berikut 5 Makanan Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik Dalam Tubuh

banner 468x60

Kasatnews – Didalam tubuh terdapat kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, anda dapat mengkonsumsi sejumlah makanan yang dapat meningkatkan kolestrol baik. Dan pada umumnya, kolestrol tidak selamanya bersifat jahat.

High-density lipoprotein (HDL) atau yang biasa dikenal dengan Kolesterol baik. Sedangkan kolestrol jahat disebut sebagai low-density lipoprotein (LDL). Gabungan dari kedua HDL, LDL atau jenis lemak yang akan dibawa dalam darah, yang akan memberi kadar kolesterol total. Untuk itu, tubuh memerlukan makanan yang dapat meningkatkan kolestrol baik.

banner 336x280

Kadar HDL yang tinggi dapat membantu menghilangkan kolesterol buruk dan penumpukan plak pada pembuluh darah, sehingga akan mengurangis resiko penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, kolestrol yang baik juga dibutuhkan oleh tubuh. Penuhi kolestrol baik dalam tubuh anda dengan beberapa makanan berikut seperti kacang-kacangan dan makanan lainnya.

Berikut sujumlah makanan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, yag dikutip dari berbagai sumber.

  1. Kacang-kacangan

Kacang memiliki kandungan folat atau vitamin B seperti kacang kacang polong hitam, kacang merah, dan lentil. Makanan tersebut adalah sumber larut yang baik untuk kesehatan tubuh yang dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Selain itu sumber utamanya adalah untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

  1. Buah berserat tinggi

Selain kacang, buah-buahan yang memiliki serat yang tinggi seperti apel, pir, dan pepaya dapat membantu menurunkan LDL dan meningkatkan kadar HDL.

  1. Ikan berlemak

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan berlemak seperti ikan tuna, sarden, kembung, dan salmon dapat meningkatkan kolesterol baik.

  1. Kedelai

Susu kedelai juga termasuk salah satu makanan baik yang dapat meninkatkan kolestrol HDL, diantaranya seperti susu kedelai, tempe, dan tahu.

  1. Yogurt

Sebuah studi menunjukan bahwa, yogurt tanpa tambahan dan susu fermentasi memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

banner 336x280
banner 728x90