MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90

Presiden Jokowi Gelar Pertemuan di Ukraina dan Rusia, Wapres Sampaikan Doa Khusus

banner 468x60

Kasatnews, Mataram – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menggelar pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Wakil Presiden RI Maruf Amin mendoakan agar Presiden Jokowi berhasil mengemban tugas ini.

“Mudah-mudahan Bapak Presiden berhasil mengemban tugasnya dengan selamat sampai nanti kembali ke Tanah Air,” katanya, Kamis (30/6/2022).

banner 336x280

Wapres Maruf menyampaikan hal ini saat berada di Kota Mataram. Dikatakan, Presiden Jokowi sedang melawat untuk misi perdamaian. Selain menghadiri G7 di Jerman, kemudian ke Ukraina melalui Polandia untuk berunding dengan Presiden Ukraina.

Setelah itu, ke Rusia untuk mengupayakan adanya perdamaian karena perang mengakibatkan berbagai goncangan, berbagai krisis, termasuk krisis energi, krisis pangan, bahkan juga krisis keuangan.

Presiden Jokowi, sambungnya, akan menjelaskan hasil lawatannya ke luar negeri tersebut.

“Saya kira nanti beliau sendiri yang akan mengumumkan supaya beliau sendiri. Jadi, nanti beliau yang akan menyampaikan. Itu akan lebih tepat,” imbuhnya.

Presiden Joko Widodo melakukan rangkaian kunjungan luar negeri ke empat negara, yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab mulai Minggu, 26 Juni 2022.

Di Jerman, Presiden Jokowi ikut menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pada hari Senin (27/6) di Istana Elmau sebagai negara mitra G7.

Dari Jerman, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi berangkat ke Polandia untuk menaiki kereta luar biasa (KLB) menuju Kyiv Ukraina.

Presiden Jokowi lalu mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, pada hari Rabu (29/6).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan, termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Dari Ukraina, Presiden Jokowi kembali ke Polandia masih menggunakan KLB dari Stasiun Central Kyiv langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia, untuk melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Pada Kamis (30/6) siang, Presiden Jokowi akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin.(*)

banner 336x280
banner 728x90