MENGUNGKAP BAHKAN YANG TAK KASAT MATA
banner 728x90
Berita  

KONVERSI GAS LPG 3KG KE KOMPOR LISTRIK RAKYAT MENDERITA DAN MENANGGUNG BEBAN

banner 468x60

 

banner 336x280

Medan, kasatnews.com || Pemerintah akan membagikan paket kompor listrik secara gratis kepada 300 ribu rumah tangga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pembagian ini adalah upaya pemerintah dalam program konversi kompor LPG ke kompor listrik. Lantas, apa saja isi paket kompor listrik itu?

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM
Rida Mulyana mengatakan isi paket tersebut terdiri dari satu kompor listrik, satu alat masak dan satu Miniature Circuit Breaker (MCB) atau penambah daya khusus untuk kompor listrik.

“Rencananya tahun ini 300 ribu (penerima). Jadi satu rumah itu dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikkan,” ujarnya saat ditemui usai rapat dengan Banggar DPR, Selasa (20/9).harga paket kompor listrik ini sekitar Rp1,8 juta, sehingga jika sasarannya 300 ribu rumah tangga, maka anggaran yang dibutuhkan tahun ini sekitar Rp540 miliar.

Saat ini daya yang bakal dibagikan sebesar 800 watt untuk dua tungku. Namun, ada masukan dari DPR agar dayanya dinaikkan menjadi 1.000 Watt. “Perencanaan awal, sama-sama dua tungku, awalnya 800 watt, sekarang mau dinaikkan lagi salah satunya 1.000 MW. Jadi biar masaknya lebih kencang (cepat),Jika perubahan daya dilakukan, maka kata Rida akan ada tambahan anggaran untuk satu paket kompor listrik. Misalnya, saat ini dengan daya 800 watt itu Rp1,8 juta, maka dengan daya 1.000 watt bisa mencapai Rp2 juta per paket.

Direktur Rumah Inspirasi Indonesia,Juga Kordinator Nasional Relawan Peraksi Jokowi Ma’ruf Amin Rinno Hadinata Menuturkan dampak dari perubahan daya yang dilakukan dari uji coba pemberian kompor gratis tersebut siapa yang menanggung beban?di dalam paket pemberian kompor gratis tersebut ada diberikan juga MCB (miniatur Circuit Breaker).bagaimana cara pemasangan MCB tersebut,apa mungkin pelanggan melakukan pergantian sendiri MCB yang tertempel di dinding rumah tanpa melalui proses SOP PT.PLN sesuai dengan UU no.30 tahun 2009 tentang ketenaga listrikan dan sertifikasi Laik Operasi.

Kalau daya kompor listrik tersebut habis apakah mungkin daya 450Va dan 900 Va itu bisa dipakai untuk ngecas?

Paket kompor listrik gratis dari dana APBN berpotensi merugikan keuangan negara.Apakah ada anggaran belanja kompor listrik pada APBN tahun 2022.Realokasi anggaran apakah diperkenankan,sangat mungkin proyek ini terindikasi dipaksakan. Jangan tambah penderitaan rakyat. Kalau Wacana Program Konversi Gas LPG 3 Kg Ke Kompor Listrik Rakyat yang menanggung beban,Tutur Rinno Pria Berdarah Ternate Jawa ini.

(Red)

banner 336x280
banner 728x90